Rabu, 29 Mei 2013

Menagih Hutang

Bismillahirrahmanirrahim


Bagi mereka yang menjadi debt collector atau penagih hutang, tentu pernah merasakan susahnya menagih hutang. Jangankan menagih, menemui orangnya saja seperti mengejar hantu. Bila sudah ketemu, ilmu silat lidahnya luar biasa. Sejuta alasan dilontarkan untuk minta penangguhan. Padahal sudah beberapa kali minta keringanan. Yang lebih menjengkelkan, sudah mempunyai uang tetapi mengaku belum ada uang. 


Ada saja kejadian hutang piutang yang selalu berbuntut perpecahan. Kadang teman yang sudah dipercaya, ternyata setelah berhutang langsung kabur dan lenyap batang hidungnya. Ada juga yang diam saja jika tidak ditagih. Sehingga jadi bermusuhan atau menimbulkan rasa tidak enak hati. Mau menagih rasanya sungkan, tapi jika ditagih, kok seakan tidak tenggang rasa. Pusinglah rasanya..


Jika anda mengalami hal seperti itu, bisa mencoba amalan berikut ini. Insya Allah amalan ini bisa mengunci hati orang yang berhutang kepada anda. Sehingga dia terbuka hatinya dan tidak berdusta. Tentu saja harapan kita agar dia segera membayar. 


Sebelum berangkat menagih, baca di muka pintu "Inna Anna Amanna" sebanyak 7x, lalu tarik napas kemudian telan air liur kita sebagai pengunci. Lalu baca kalimat tersebut sekali lagi dan melangkahkan kaki kanan dan jangan menoleh lagi ke belakang. Selanjutnya baca terus sampai ke rumah orang atau teman yang berhutang. Insya Allah, jika dia sudah punya uang, dia akan bayar. 


Sebagai tambahan, ada jam-jam untuk melakukan penagihan. Hari Senin, jam 1 sampai jam 3 sore. Selasa, dari jam 3 sampai jam 6 sore. Rabu, dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore. Kamis, jam 9 pagi hingga jam 12 siang. Jum'at, jam 6 pagi hingga jam 9. Sabtu, mulai jam 6 pagi sampai jam 6 Sore.


Demikian ikhtiar untuk menagih hutang. Semoga bermanfaat dan pesan saya, agar selalu berhati-hati memberi hutang. Pihak bank saja kalau memberi hutang juga melakukan survey yang ketat, karena zaman sekarang banyak sekali orang meminjam uang tetapi susah membayar. Bahkan membawa lari uangnya. Tetap semangat bekerja dan sedekah.. amin..

 

borneowahyu@gmail.com